PROGRAM KERJA
KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GUGUS DEPAN 07.091 – 07.092
PANGKALAN
SMKN 1 PUNGGING
MASA
BAKTI 2021-2022
1.
PROGRAM 3 TAHUN
2.
PROGRAM 1 TAHUN
3.
PROGRAM 1 SEMESTER
4.
PROGRAM 1 BULAN
5.
PROGRAM 1 MINGGU
GERAKAN PRAMUKA GUDEP 07.091
-07.092
PANGKALAN SMKN 1 PUNGGING
2020
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan ke
hadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan
penyusunan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan 07.091 - 07.
092 Pangkalan SMKN 1 PUNGGINGpada tahun ajaran 2020/2021.
Program kerja ini merupakan
acuan bagi Pembina Pramukan serta Dewan Ambalan
GUGUS DEPAN 07.091 -07.092
PANGKALAN SMKN 1 PUNGGING menjalankan aktivitas atau kegiatan kepramukaan di
lingkungan Pangkalan SMKN 1 PUNGGING.
Diharapkan dengan selesainya
penyusunan program kerja ini pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada GUGUS DEPAN
07.091 -07.092 PANGKALAN SMKN 1 PUNGGING
dapat terarah, terencana dan berhasil dengan baik sehingga berkontribusi postif
bagi
peningkatan mutu pendidikan di liungkungan SMKN 1 PUNGGING.
Kami menyadari bahwa dalam
penyusuan program kerja ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu saran dan
kritik yang membangun akan kami harapkan
demi kesempurnaan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka GUGUS DEPAN 07.091 -07.092 PANGKALAN SMKN 1 PUNGGING. Akhirnya
semoga program kerja ini bermanfaat bagi kita semua.
Mojokerto, 1
JUNI 2020
Team Penyusuan
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL ……………………………………………………….. |
i |
||
HALAMAN
PENGESAHAN …………………………………………….. |
ii |
||
KATA
PENGANTAR ……………………………………………………… |
iii |
||
DAFTAR
ISI ………………………………………………………………… |
iv |
||
BAB I |
: |
PENDAHULUAN ………………………………………….. |
1 |
|
|
A. Latar Belakang …………………………………………… |
|
|
|
B. Dasar Kegiatan …………………………………………… |
|
|
|
C. Tujuan …………………………………………………….. |
|
|
|
D. Sasaran ……………………………………………………. |
|
BAB II |
|
VISI MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKAGUGUS DEPAN 07.091 -07.092 PANGKALAN SMKN 1 PUNGGING A. Visi Gudep 07.091 - 07. 092 B. Misi Gudep 07.091 - 07. 092 |
|
BAB II |
: |
PROGRAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA…… |
|
|
|
A. Program Umum…………………………. ……………… |
|
|
|
1. Bidang
Kegiatan dan Latihan Peserta Didik …………. |
|
|
|
2. Bidang
Pendidikan Orang Dewasa ……………………. |
|
|
|
3. Bidang
Sarana dan Administrasi ……………………… |
|
|
|
4. Bidang
Keuangan ……………………………………… |
|
|
|
B. Penjabaran Program dalam Semester
……………………. |
|
|
|
C. Penjabaran Masing-Masing Program
…………………… |
|
|
|
D. Silabus
Kegiatan Ekstrakurikuler PramukaGudep 05.141 - 05.142 |
|
|
|
|
|
BAB III |
: |
ORGANISASI DAN TATA KELOLA |
|
|
|
A. Susunan Majelis Pembimbing Gugus
Depan ………….. |
|
|
|
B. Susunan Pengurus Dewan Ambalan
………….. |
|
|
|
C. Dewan Kehormatan Penegak……………………….. |
|
|
|
D. Struktur Organisasi Gudep …………………. E. Pengelompokkan Peserta / Anggota F. Pelaksanaan Latihan / Kegiatan |
|
|
|
|
|
BAB IV |
: |
PENUTUP ………………………………………………….. |
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan Kepramukaan
merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah. Kegiatan
dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan disekolah.
Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila,
pendidikan pendahuluan bela Negara, kepribadian dan budi pekerti luhur,
berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi,
persepsi, apresiasi dan kreasi seni.
Gerakan pramuka sebagai
satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan
bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan
dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai
satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan
penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada
sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa
cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan,
bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan
anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan
kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka
perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung
dalam suatu gugus depan.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun
suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat
mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai
rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang
wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.
B.
Dasar Kegiatan
Yang menjadi dasar
penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:
1.
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun
1961 tentang Gerakan Pramuka
2.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun
1985 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gerakan Pramuka di Gugus Depan
3.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041
tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.
4.
Keputusan Presiden Republik
5.
Keputusan Kwartir Nasonal Gerakan Pramuka Nomor 107
Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
6.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045
Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian Gerakan Pramuka.
7.
Program kerja sekolah yang dijabarkan dalam program
kerja pembina Pramuka pelajaran
2019/2020
C.
Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai
dengan disusunnya program kerja ini:
1.
untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di
bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa
melalui kegiatan kepramukaan
2.
Untuk memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan
agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.
3.
Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan
kepramukaan di sekolah.
D.
Sasaran
Sasaran pelaksanaan program
kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang
meliputi:
1.
Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang
diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu
dengan Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum dan unsur guru yang ditunjuk.
2.
Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana
kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur
Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus
Mahir Dasar (KMD)
3.
4.
Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan
di sekolah yang terbagi dalam siaga, Penegak, penegak dan pandega sesuai dengan
tingkat umur peserta didik.
BAB II
VISI MISI EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA
Mengacu pada Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan
Dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 81a Tahun 2013
Tentang Implementasi Kurikulum berkaitan
dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu adanya visi misi
kegiatan ektrakulikuer. Adapun Visi Misi kegiatan ekstrakurikluer Pramuka pada
Gudep 07.091 - 07. 092 adalah sebagai berikut:.
A Visi :
Visi gugus depan 07.091 - 07. 092 pangkalan SMKN 1 PUNGGING adalah: Pengembangan Potensi
Bakat, Minat , Tehnik Kepramukaan Serta Mental dan Moral yang Berlandasan IMTAQ
B Misi :
Sedangkan misi gugus
depan 07.091 - 07. 092 pangkalan SMKN 1 PUNGGING
1.
Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka
meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta
ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan jaman
2.
Memyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka
meningkatkan pengembangan potensi, bakat dan minat.
3.
Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka
meningkatkan sikap, mental dan moral yang berkarakter.
4.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi.
5.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi kepada pengembangan pola
pikir dan nalar, serta keterampilan.
BAB III
PROGRAM KERJA
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka SMKN 1 PUNGGING dapat dijelaskan dan dirinci
sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program. Masing-masing
kelompok program terbagi dalam beberapa
bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai
berikut:
A. Program 3 TAHUN
1. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
a.
Penerapan Sistem Blok Pembinaan Keparamukaan,
berupa:Penerimaan Tamu Ambalan selama 2 hari, yang pelaksanaannya dilakukan
pada awal semester ganjil dengan sasaran siswa kelas X.
b.
Penerapan Sistem Reguler Pembinaan Keparmukaan, melalui
kegiatan:
1)
Latihan Rutin
2)
Pencapaian SKU
3)
Pencapaian SKK 10 macam Purwa 5 Madya 3 Utama
·
2 macam SKK Agama
·
2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
·
2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
·
2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
·
2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong
Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
4)
Pencapaian SPG
5)
Peningkatan mutu latihan pramuka Penegak meliputi
jenjang:
a)
Bantara
b)
Laksana
6)
Gladian Pemimpin Sangga ( 1 kali )
7)
Penjelajahan dan Survival Game
8)
Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
9)
Lomba Tingkat Gugusdepan ( 1 kali )
10) Bakti
Masyarakat ( 2 kali )
11) Pengiriman
regu penegak ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir Nasional
12) Kegiatan
dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
13) Musyawarah
Gugus Depan dan Musyawarah Ambalan
2. Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana penunjang
kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
a.
Buku Induk Gugus Depan
b.
Stempel Gugus Depan
c.
Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
d.
Buku Administrasi Keuangan
e.
Daftar Inventaris Gugus Depan
f.
Buku Tamu Gugus Depan
g.
Laporan Semester Gugus Depan
h.
Laporan tahunan
i.
Buku agenda surat masuk
j.
Buku agenda surat keluar
k.
Daftar hadir pembina
l.
Buku serah terima laporan kegiatan
m.
Buku daftar ulang
n.
Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
o.
Pengadaan alat pionering yang meliputi :
1)
tali pramuka
2)
tongkat
p.
Bendera Gugus Depan yang meliputi:
1)
Bendera Tunas Kelapa
2)
Bendera Pramuka Sedunia Putra
3)
Bendera Pramuka Sedunia Putri
q.
Bendera Semaphore dan Morse
r.
Papan Nama Gugus Depan
s.
Sanggar Bakti Pramuka
3. Bidang Keuangan
Pengelolaan dana kegiatan yang bersumber dari:
a.
Alokasi dana dari BOS
b.
Dana KOMITE
c.
Dana IURAN Sukarela
d.
Dana Sporshor ship
e.
Dana KWU
4. Bidang Pendidikan Orang Dewasa
a.
Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang
diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
b.
Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang
diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
c.
Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh MABI
B. Penjabaran Program dalam 1 Tahun
NO. |
KEGIATAN |
BULAN |
KETERANGAN |
|||||||||||
I |
II |
III |
IV |
V |
VI |
VII |
VIII |
IX |
X |
XI |
XII |
|||
1 |
Penerimaan Golongan penggalang
ke penegak |
√ |
||||||||||||
2 |
Latihan Materi SKU penegak
BANTARA |
√ |
√ |
√ |
||||||||||
3 |
Ujian SKU Penegak
BANTARA |
√ |
√ |
√ |
√ |
|||||||||
4 |
Pelantikan AMBALAN
RADEMA |
√ |
||||||||||||
5 |
Ujian SKU Penegak
LAKSANA |
√ |
√ |
√ |
√ |
|||||||||
6 |
Pelantikan BANTARA |
√ |
||||||||||||
8 |
Latihan SKK |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
9 |
Ujian SKK |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
10 |
Latihan Tambahan |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
11 |
Musyawarah Gugus
Depan |
√ |
||||||||||||
12 |
Gladian Pemimpin Sangga |
√ |
√ |
|||||||||||
13 |
Menyiapkan Penegak
Garuda |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
||||||||
14 |
Latihan Gabungan |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
||||||||
15 |
Perkemahan dekat |
√ |
√ |
|||||||||||
16 |
Perkemahan Jauh |
√ |
||||||||||||
17 |
Lomba Tingkat Gugusdepan |
√ |
||||||||||||
18 |
Workshop |
√ |
||||||||||||
19 |
Lomba Memperingati
HUT RI |
√ |
||||||||||||
20 |
Lomba Antar Sangga |
√ |
√ |
√ |
||||||||||
21 |
Bakti Masyarakat |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
22 |
Refreshing dan Tanda
Jejak |
√ |
||||||||||||
23 |
Evaluasi |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
24 |
Rencana Tidak Lanjut |
√ |
√ |
|||||||||||
25 |
Lomba Tingkat
Kwarcab |
MENYESUAIKAN |
||||||||||||
26 |
Lomba Tingkat Kwarda |
|||||||||||||
27 |
Lomba Tingkat
Nasional |
|||||||||||||
28 |
Seminar |
√ |
||||||||||||
29 |
Tanam 1000 Pohon |
√ |
||||||||||||
30 |
Musyawarah Ambalan |
√ |
C. Penjabaran Program dalam 1 Semester
Penjabaran program dalam semester gugus depan 07.091 - 07. 092 pangkalan SMKN 1 PUNGGINGdapat dijabarkan sebagai
berikut:
PROGRAM KERJA
GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
BULAN : JULI SAMPAI DENGAN DESEMBER
No |
KEGIATAN |
BULAN KE |
KET |
|||||
Jul |
Ags |
Sept |
Okt |
Nop |
Des |
|||
1. |
Masa Orientasi Anggota
Baru (system Blok) |
|
X |
X |
X |
|
|
|
2. |
Latihan Rutin (Sistem
Reguler) |
|
X |
X |
X |
X |
X |
|
3. |
Ujian SKU Penegak Bantara |
|
|
|
X |
X |
|
|
4. |
Ujian SKK |
|
X |
X |
X |
X |
X |
|
|
Perkemahan Pergol( Persami
) |
|
X |
|
|
|
|
|
5. |
Gladian Pemimpin Sangga |
|
|
X |
|
|
|
|
|
HUT Pramuka |
|
X |
|
|
|
|
|
6. |
Pelantikan Ambalan |
|
|
|
X |
|
|
|
7. |
Penjelajahan dan Halang
Rintang |
|
|
X |
|
|
|
|
8. |
Bakti Masyarakat |
|
X |
|
|
|
|
|
9. |
Latihan gabungan |
|
|
|
X |
|
|
|
|
Musyawarah Penegak |
|
|
|
|
|
X |
|
10. |
Laporan Semester ke
Kwartir Ranting |
|
|
|
|
|
X |
|
11. |
Mengikuti kegiatan di
Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional |
Menyesuaikan |
|
PROGRAM KERJA
GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
BULAN :
JANUARI SAMPAI DENGAN JUNI
No |
KEGIATAN |
BULAN KE |
KET |
|||||
Jan |
Peb |
Mar |
Apr |
Mei |
Jun |
|||
1. |
Latihan Rutin (Sistem
Reguler) |
X |
X |
X |
X |
X |
|
|
2. |
Ujian SKU Penegak Bantara |
X |
X |
X |
X |
|
|
|
3. |
Ujian SKU Penegak Laksana |
|
|
X |
X |
X |
|
|
4. |
Menyiapkan Penegak Garuda |
|
|
|
X |
X |
|
|
5. |
Ujian SKK |
|
X |
X |
X |
X |
X |
|
6. |
Pelantikan Laksana |
|
X |
|
|
|
|
|
7 |
Festival Wirakarya |
|
X |
|
|
|
|
|
8 |
RADEMA Challenge |
|
|
X |
|
|
|
|
9. |
Pelantikan Bantara |
|
|
|
X |
|
|
|
10 |
LOSIPRAM |
|
|
|
X |
|
|
|
11 |
Penjelajahan dan Halang
Rintang |
|
X |
|
|
X |
|
|
12 |
Bakti Masyarakat |
|
|
|
|
|
X |
|
13. |
Latihan gabungan |
|
|
|
|
X |
|
|
14. |
Laporan Semester ke
Kwartir Ranting |
|
|
|
|
|
X |
|
15. |
Musyawarah Gugus Depan |
|
|
|
|
|
X |
|
16. |
Perkemahan jauh dan
Pengembaraan |
|
X |
|
|
|
|
|
17. |
Mengikuti kegiatan di
Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional |
Menyesuaikan |
|
D. Penjabaran Masing-Masing Program
1.
Latihan Rutin Pramuka
Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut :
a.
Latihan rutin dilakukan setiap hari Sabtu dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pukul 09.00 WIB
b.
Latihan rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan
SKK beserta praktek lapangan
c.
Pemberi materi adalah Pembina Pramuka dan Pembantu
Pembina (penegak).
d.
Rincian materi latihan rutin adalah :
1)
Sejarah Pramuka
2)
Dasa Dharma dan Trisatya
3)
Lambang Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi Kperamukaan
4)
Administrasi Gudep dan Satuan
5)
Musyawarah dan Mufakat
6)
PBB dan Upacara Pramuka
7)
Sandi pramuka (huruf rahasia) dan Semaphore
8)
Kompas
9)
Pionering, tali temali, macam-macam ikatan
10)
Api Unggun
11)
Tata Boga
12)
Hasta karya Pramuka
13)
Tanda Jejak, Peta
14)
P3K
15)
TTG
16)
Penjelajahan dan Permainan Pramuka
17)
Bakti karya
18)
Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan
spontan
2.
Musyawarah Gugus Depan
1)
Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan
musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan
hidup gugus depan.
2)
Dalam kegiatan ini dirumuskan :
1)
Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
2)
Susunan Pembina Gugus Depan
3)
Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Ambalan)
3)
Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
adalah:
1)
Perwakilan Anggota yang meliputi Pinsa dan Wapinsa
setiap sangga
2)
Pemimpin Sangga Utama (Pradana) putra dan putri
3)
Pembina pramuka
4)
Pembantu pembina yang terdiri para pramuka pandega
5)
Unsur Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang
meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pembina OSIS, dan unsur guru
yang membidangi ekstrakurikuler Pramuka.
6)
Unsur Komite Sekolah
7)
Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan
8)
Unsur Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting
Urusan Penegak
4)
Kegiatan ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk
kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.
3.
Kegiatan Perkemahan
a.
Perkemahan Sehari (Persari)
1)
Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan kedua dan
kelima pada masing-masing semester
2)
Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan
diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
3)
Kegiatan ini meliputi :
·
Penjelajahan dan halang rintang
·
Kegiatan latihan gabungan
·
Kegiatan kunjungan ke tempat rekreasi
·
Latihan Dasar Kepemimpinan
·
Lomba Tingkat I
b.
Perkemahan Dekat (di Sekolah)
1)
Kegiatan Persami dilaksanakan pada bulan ke dua dalam
semester ganjil
2)
Bentuk kegiatan adalah kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu
yang dimulai pada pukul 07.00 WIB (sabtu) dan diakhiri pada pukul 11.00 WIB
(Minggu)
3)
Macam-macam kegiatan yang dapat dimasukkan dalam
kegiatan Persami adalah :
·
Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)
·
Peralihan golongan dari penggalang ke penegak
·
Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat
·
Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
·
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
c.
Perkemahan Jauh (di luar sekolah/diluar kabupaten)
1)
Kegiatan ini dilakukan pada Akhir Semester
2)
Pada semester ganjil (pertama) kegiatan ini ditempatkan
di daerah Mojokerto, sedang pada
semester genap (kedua) ditempatkan pada lokasi perkemahan yang berada di luar
Kabupaten Mojokerto.
3)
Waktu melakukan kegiatan ini adalah minimal 2 hari
maksimal 5 hari
4)
Kegiatan yang dapat dimasukkan pada kegiatan ini
adalah:
·
Kegiatan Bakti Masyarakat
·
Kegiatan Kemah Wisata (Raimuna)
·
Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
·
Kegiatan Pengembaraan atau Kemah Beranting
·
Kegiatan Lomba Penegak
·
Gladian Pemimpin Sangga
4.
Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting
a.
Kegiatan ini dilakukan pada tiap semester
b.
Hal-hal yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang
meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan
pada kurun waktu tertentu.
5.
Kegiatan Insidental
a.
Kegiatan ini dilakukan diluar program yang tidak
mengikat
b.
Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan
kebutuhan
c.
Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah
·
Kegiatan kunjungan ke anggota gugus depan karena
sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)
·
Mengikuti kegiatan yang berasal dari luar gugus
depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain)
E. PROGRAM 3 BULAN (1 BULAN)
NO. |
KEGIATAN |
BULAN |
KETERANGAN |
||||||||||||||
JULI |
AGUSTUS |
SEPTEMBER |
|||||||||||||||
PROGRAM MINGGUAN |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
1 |
PENGENALAN DAN
PENDAFTARAN CALON AMBALAN |
√ |
√ |
|
|
|
|||||||||||
2 |
PERSAMI PERGOL |
√ |
√ |
|
|
|
|||||||||||
3 |
MATERI PENEGAK |
√ |
|
|
|
||||||||||||
4 |
MATERI SEJARAH
PRAMUKA |
√ |
|
|
|
||||||||||||
5 |
HUT PRAMUKA |
√ |
√ |
|
|
|
|||||||||||
6 |
RADEMA CHALANGE |
√ |
√ |
|
|
|
|||||||||||
7 |
TEKPRAM |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|||||||||||
8 |
PELANTIKAN AMBALAN |
|
|
√ |
|
||||||||||||
9 |
SEMINAR UJI SKU
BANTARA |
|
|
√ |
|||||||||||||
10 |
MATERI UJI SKU
BANTARA |
|
|
√ |
√ |
NO. |
KEGIATAN |
BULAN |
KETERANGAN |
||||||||||||||
OKTOBER |
NOVEMBER |
DESEMBER |
|||||||||||||||
PROGRAM MINGGUAN |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
1 |
MATERI UJI SKU
BANTARA |
√ |
√ |
√√ |
√√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|||
2 |
SEMINAR UJI SKK |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
||||||||||
3 |
MATERI UJI SKK |
√ |
√ |
√√ |
√√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|||
4 |
PELANTIKAN BANTARA |
√ |
√ |
√ |
|
||||||||||||
5 |
SEMINAR ADMINISTRASI |
√ |
√ |
|
√ |
√ |
|
||||||||||
6 |
SEMINAR UJI SKU
LAKSANA |
√ |
√ |
|
|
√ |
|
||||||||||
7 |
MATERI UJI LAKSANA |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
||||||||||
8 |
UJI LAKSANA |
|
|
√ |
|
√ |
NO. |
KEGIATAN |
BULAN |
KETERANGAN |
||||||||||||||
JANUARI |
FEBRUARI |
MARET |
|||||||||||||||
PROGRAM MINGGUAN |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
1 |
UJI LAKSANA |
√ |
√ |
√√ |
√√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
||||||
2 |
SEMINAR UJI SKK |
√ |
√ |
√√ |
√√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
||||||
3 |
UJI SKK |
√ |
√ |
√√ |
√√ |
√ |
|
|
|
||||||||
4 |
PELANTIKAN LAKSANA |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
||||||||||
5 |
SEMINAR PRAMUKA
GARUDA |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|||||||||
6 |
MATERI UJI GARUDA |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
||||||||||
7 |
UJI PRAMUKA GARUDA |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|||||||||
8 |
PENDAFTARAN PRAMUKA
GARUDA |
|
|
√ |
√ |
√ |
NO. |
KEGIATAN |
BULAN |
KETERANGAN |
||||||||||||||
APRIL |
MEI |
JUNI |
|||||||||||||||
PROGRAM MINGGUAN |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
1 |
TEKPRAM |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
2 |
DIKA CHALANGE |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|||||||||
3 |
GIAT KEMITRAAN |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
4 |
SAFARI RAMADHAN |
MMENYESUAIKAN |
|||||||||||||||
5 |
LOMBA TINGKAT GUDEP |
||||||||||||||||
6 |
LOMBA TINGKAT
KWARRAN |
||||||||||||||||
7 |
LOMBA TINGKAT
KWARCAB |
||||||||||||||||
8 |
LOMBA TINGKAT KWARDA |
||||||||||||||||
9 |
LOMBA TINGKAT
NASIONAL |
||||||||||||||||
10 |
MUSYAWARAH AMBALAN |
|
|
√ |
√ |
√ |
|||||||||||
11 |
MUGUS |
√ |
√ |
√ |
|
No |
Waktu Tanggal/Pukul |
Materi |
Sasaran
yang dicapai |
Pencapaian SKU |
Petugas |
Alat
yang dibutuhkan |
Keterangan |
||
SKU |
SKK |
Garuda |
|||||||
11 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
2 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
3 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
4 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
F. PROGRAM MINGGUAN
No |
Waktu Tanggal/Pukul |
Materi |
Sasaran
yang dicapai |
Pencapaian SKU |
Petugas |
Alat
yang dibutuhkan |
Keterangan |
||
SKU |
SKK |
Garuda |
|||||||
11 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
2 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
3 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
4 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
No |
Waktu Tanggal/Pukul |
Materi |
Sasaran
yang dicapai |
Pencapaian SKU |
Petugas |
Alat
yang dibutuhkan |
Keterangan |
||
SKU |
SKK |
Garuda |
|||||||
5161 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
6 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
7 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
8 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
No |
Waktu Tanggal/Pukul |
Materi |
Sasaran
yang dicapai |
Pencapaian SKU |
Petugas |
Alat
yang dibutuhkan |
Keterangan |
||
SKU |
SKK |
Garuda |
|||||||
11 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
10 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
11 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
||
4 |
|
UPACARA PEMBUKAAN |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
MATERI: |
|
|
|
|
|
|
|
||
GAME |
SOSIALISASI |
|
|
|
|
|
|
||
UPACARA
PENUTUP |
PATRIOTISME |
|
|
|
|
|
|
||
DOA |
SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
G. Silabus Kegiatan
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN 07.091 -07.092 PANGKALAN SMKN 1 PUNGGING
No. |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Kegiatan |
1 |
1.
Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan
pramuka dalam segala aspek kehidupan |
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia |
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia |
Sejarah
kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka |
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia |
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia |
|
||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat |
1.3
Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma |
Dasa
Dharma dan Trisatya |
||
1.4
Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan
masyarakat |
|
|||
2 |
2.
Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu
mengimplementasikan dalam upacara Penegak |
2.1
Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri) |
2.1
Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik
kanan/kiri) |
PBB dan Latihan
Upacara |
2.2
Memperagakan upacaraPenegak di lapangan |
2.2
Memperagakan upacara Penegak di lapangan |
|
||
3 |
3.
Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore |
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI |
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI |
Huruf SANDI |
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore |
3.2
Mengetahui fungsi bendera Semaphore |
Semaphore |
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar |
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar |
|
||
4 |
4.
Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari |
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar |
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar |
Pedoman kompas |
5 |
5.
Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah |
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat |
5.1
Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat |
Tali temali,
cara mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga |
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga |
|
||
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda |
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda |
|
||
6 |
6.
Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan |
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |
Api unggun |
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah |
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah |
|
||
7 |
7.
Memahami resep dasar memasak |
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana |
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana |
Tata boga |
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) |
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) |
|
||
8 |
8.
Memahami cara membuat hasta karya |
8.1
Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) |
8.1
Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug) |
Hasta karya
Pramuka |
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |
|
||
9 |
9.
Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka |
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka |
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka |
Lambang Gerakan
Pramuka dan struktur kepramukaan |
9.2
Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah |
9.2
Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah |
|
||
9.3
Membentuk kepengurusan regu |
9.3
Membentuk kepengurusan regu |
|
||
10 |
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka |
10.1 Mengetahui
arti musyawarah secara sederhana |
10.1
Mengetahui arti musyawarah dan mufakat secara sederhana |
Musyawarah dan mufakat
Pramuka |
|
|
10.2 Bermusyawa
rah membuat jadwal latihan lanjut |
10.2
Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut |
|
11 |
11.
Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan |
11.1 Mengetahui
berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
Mencari jejak
dan penggunaan peta |
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
|
||
12 |
12.
Memahami definisi dan praktek P3K |
12.1 Mengetahui
arti P3K |
12.1
Mengetahui arti P3K |
P3K |
12.2 Mengetahui
cara dalam praktek P3K |
12.2
Mengetahui cara praktek P3K |
|
||
12.3
Memperagakan P3K dan PPSD |
12.2
Memperagakan P3K dan PPGD |
|
||
13 |
13.
Memahami definisi jelajah alam dan out bound |
13.1 Mengetahui
pengertian dasar jelajah alam dan outbond |
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound |
Jelajah alam
dan out bout |
13.2 Mengetahui
macam-macam jenis out bound |
13.2
Mengetahui macam-macam jenis outbound |
|
||
13.3 Jelajah
alam dan out bound sederhana |
13.3
Jelajah alam dan out bout sederhana |
|
||
14 |
14.
Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. |
14.1 Mengetahui
macam- macam lagu wajib dan lagu daerah |
14.1
Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah |
Lagu-lagu wajib
dan daerah |
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar |
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi
yang benar |
|
||
15 |
15. Mengetahui
makna bakti karya penegak |
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penegak |
* Menjelaskan
arti dan tujuan Bakti Karya Penegak |
Bakti karya |
15.2 Bakti karya Penegak untuk desa |
* Bakti karya
penegak untuk masyarakat pegunungan |
|
G. SILABUS DAN MATERI UJI
SKU BANTARA KEGIATAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN 07.091 -07.092 PANGKALAN SMKN 1 PUNGGING
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
1. Memahami sejarah singkat
berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek
kehidupan |
1.1 Mengetahui sejarah
singkat pramuka dunia |
* Menyebutkan tokoh pramuka dunia |
Sejarah
Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka |
* Menyebutkan
organisasi pramuka dunia |
|||
1.2 Mengetahui sejarah
singkat pramuka di Indonesia |
Menjelaskan Sejarah singkat pramuka di
Indonesia |
||
* Menyebutkan tokoh
pramuka Indonesia |
|||
1.3 Mengetahui dan
mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga,
sekolah & masyarakat |
* Menjelaskan
isiTri Satya dan Dasa Dharma Pramuka |
Dasa Dharma dan
Trisatya |
|
* Menerapkan isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka |
|||
2. Memahami makna PBB serta
manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu mengimplementasikan
dalam upacaraPENEGAK |
2.1 Memperagakan
gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan /
kiri) |
* Latihan PBB dasar |
PBB dan Latihan
Upacara |
2.2 Memperagakan upacaraPenegak di
lapangan |
* Latihan sikap
sempurna sampai gerak jalan |
||
* Menulis
langkah-langkah upacara |
|||
* UpacaraPenegak |
|||
3. Memahami macam- macam
SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore |
3.1 Mengetahui macam-macam
SANDI |
* Mengungkapan Isi
suatu SANDI |
SANDI dan SEMAPHORE |
3.2 Mengetahui fungsi
bendera Semaphore |
* Menyebutkan
fungsi SANDI dan semaphore |
||
3.3 Memperagakan bendera
semaphore dengan benar |
* Memperagakan bendera
Semaphore |
||
4. Memahami kegunaan kompas dalam
kehidupan sehari-hari |
4.1 Menggunakan pedoman
kompas dengan benar |
* Menggunakan pedoman
kompas dalam berkemah |
Pedoman Kompas |
5. Memahami penggu naan tali,
cara mendirikan tenda dan berkemah |
5.1 Membuat macam-macam
simpul tali dan menyambung tongkat |
* Membuat beragam
simpul tali |
Tali temali,
cara mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2 Membuat tandu dan kaki
tiga |
* Menyambung tongkat |
||
5.3 Mengetahui cara dan
praktek mendirikan tenda |
* Membuat tandu |
||
* Membuat kaki 3 |
|||
* Menyebutkan cara
mendirikan tenda |
|||
* Mendirikan tenda |
|||
6. Memahami arti dan manfaat api
unggun dalam ke pramukaan |
6.1 Mengetahui bentuk dan
kegunaan api unggun dalam berkemah |
* Menyebutkan kegunaan
api unggun |
Api unggun |
6.2 Membuat miniatur api
unggun di lapangan sekolah |
* Membuat miniatur api
unggun di SD |
||
7. Memahami resep dasar memasak |
7.1 Membuat resep / bumbu
masakan / rujak-an sederhana |
* Membuat resep rujak
an dan sayuran |
Tata Boga |
7.2 Latihan memasak
tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) |
* Memasak sayuran dan
membuat lauk pauk |
||
8. Memahami cara membuat hasta
karya |
8.1 Membuat kerajinan dari
jerami / dedaunan (atap gubug) |
* Membuat anyaman atap
gubug |
Hasta karya
Pramuka |
8.2 Membuat kerajinan dari
alam sekitar / barang bekas |
* Membaut sendal kayu |
||
9. Memahami lambang gerakan
pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan |
9.1 Mengetahui lambang
gerakan pramuka |
* Menjelaskan arti
lambang pramuka |
Lambang gerakan
pramuka dan struktur kepramukaan |
9.2 Mengetahui definisi
struktur organisasi pramuka sekolah |
* Menjelaskan arti
struktur organisasi pramuka |
||
9.3 Membentuk kepengurusan
regu |
* Membuat pengurus
regu |
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka |
10.1 Mengetahui arti musyawarah secara
sederhana |
* Menjelaskan arti musyawarah
dan mufakat |
Musyawarah
& mufakat pramuka |
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal
latihan lanjut |
* Bermusyawarah
membuat jadwal latihan |
||
11. Memahami tanda- tanda
jejak peta dalam kepramukaan |
11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan
peta dalam kepramukaan |
* Membuat tanda jejak
dan peta penjelajahan |
Mencari jejak
dan penggunaan peta |
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta
dalam kepramukaan |
* Menggunakan tanda
jejak dan peta jelajah |
||
12. Memahami definisi dan praktek
P3K |
12.1 Mengetahui arti P3K |
* Menjelaskan arti P3K |
P3K |
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K |
* Menyebutkan cara
praktik P3K |
||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD |
* Praktik PPGD/P3K |
||
13. Memahami definisi jelajah alam
dan outbond |
13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah
alam dan outbond |
* Menjelaskan arti
jelajah alam & out bound |
Jelajah alam
dan outbound |
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out
bound |
* Menyebutkan macam-
macam jenis out bound |
||
13.3 Jelajah alam dan out bound
sederhana |
* Penjelajahan dan out
bound |
||
14. Memahami macam-macam lagu
wajib dan lagu daerah. |
14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib
dan lagu daerah |
* Menyebutkan macam-
macam lagu wajib dan daerah |
Lagu -
lagu wajib dan daerah |
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah
dengan lafal dan intonasi yang benar |
* Menyanyikan lagu
Indonesia Raya |
||
* Menyanyikan 2 lagu
daerah |
|||
15. Mengetahui makna bakti karya
penegak |
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penegak |
* Menjelaskan arti dan
tujuan Bakti Karya Penegak |
Bakti Karya PENEGAK |
15.2 Bakti karya Penegak untuk desa |
* Bakti karya penegak
untuk masyarakat pegunungan |
H. SILABUS DAN MATERI UJI
SKU LAKSANA KEGIATAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN 07.091 -07.092 PANGKALAN SMKN 1 PUNGGING
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
1. Memahami sejarah singkat
berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek
kehidupan |
1.1 Mengetahui sejarah
singkat pramuka dunia |
* Menganalis nilai-nilaiperjuangan para tokoh
pramuka dunia |
Sejarah
Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka |
* Menganalisis peran
organisasi pramuka dunia |
|||
1.2 Mengetahui sejarah
singkat pramuka di Indonesia |
Mendeskripsikan sejatah pramuka
Indonesia |
||
Mengidentifikasi nilai-nilai kepramukaan
pada tokoh pramuka Indonesia |
|||
1.3 Mengetahui dan
mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga,
sekolah & masyarakat |
Menganalisis
isiTri Satya dan Dasa Dharma Pramuka |
Dasa Dharma dan
Trisatya |
|
Memberikan
contoh penerapan isi Trisatya dan Dasa
Dharma Pramuka |
|||
2. Memahami makna PBB serta
manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu mengimplementasikan
dalam upacaraPENEGAK |
2.1 Memperagakan
gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan /
kiri) |
* Latihan PBB lanjutan |
PBB dan Latihan
Upacara |
2.2 Memperagakan upacaraPenegak di
lapangan |
* Menulis
langkah-langkah upacara |
||
* Latihan petugas
upacra |
|||
* Mempraktekan UpacaraPenggalag |
|||
3. Memahami macam- macam
SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore |
3.1 Mengetahui macam-macam
SANDI |
* Membuatu contoh SANDI |
SANDI dan SEMAPHORE |
3.2 Mengetahui fungsi
bendera Semaphore |
* Menganalisis
kegunaan SANDI dan semaphore |
||
3.3 Memperagakan bendera
semaphore dengan benar |
* Memperagakan bendera
Semaphore |
||
4. Memahami kegunaan kompas dalam
kehidupan sehari-hari |
4.1 Menggunakan pedoman
kompas dengan benar |
Melatih penghitungan dan pengukuran arah
yang dituju. |
Pemnfaatan
Kompas |
5. Memahami penggu naan tali,
cara mendirikan tenda dan berkemah |
5.1 Membuat macam-macam
simpul tali dan menyambung tongkat |
Mengetahui pembuatn Tandu-Tali
Temali. |
Tali temali,
cara mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2 Membuat tandu dan kaki
tiga |
Membuat tandu |
||
5.3 Mengetahui cara dan
praktek mendirikan tenda |
Mendirikan
tenda |
||
6. Memahami arti dan manfaat api
unggun dalam ke pramukaan |
6.1 Mengetahui bentuk dan
kegunaan api unggun dalam berkemah |
* Menganalisis manfaat
api unggun |
Api unggun |
6.2 Membuat miniatur api
unggun di lapangan sekolah |
* Membuat miniatur api
unggun |
||
7. Memahami resep dasar memasak |
7.1 Membuat resepmakanan
ringan |
* Membuat resep makanan
ringan |
Tata Boga |
7.2 Latihan memasak
tingkat lanjut (membuat makanan ringan) |
* Membuat atau memasak
makanan ringan |
||
8. Memahami cara membuat hasta
karya |
8.1 Membuat kerajinan dari
jerami / dedaunan (atap gubug) |
Mampu mengembangkan kreativitas secara
mandiri atau beregu. |
Hasta karya
Pramuka |
8.2 Membuat kerajinan dari
alam sekitar / barang bekas |
Membauat kerajinan tangan secara mandiri
dan beregu |
||
9. Memahami lambang gerakan
pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan |
9.1 Mengetahui lambang
gerakan pramuka |
* Menjelaskan arti
lambang pramuka |
Lambang gerakan
pramuka dan struktur kepramukaan |
9.2 Mengetahui definisi
struktur organisasi pramuka sekolah |
* Menjelaskan arti
struktur organisasi pramuka |
||
9.3 Membentuk kepengurusan
regu |
* Membuat pengurus
regu |
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka |
10.1 Mengetahui arti musyawarah secara
sederhana |
* Mengindentifikasi
nilai-nilai musyawarah dan mufakat |
Musyawarah
& mufakat pramuka |
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal
latihan lanjut |
* Mempraktekan
kegiatan musyawarah |
||
11. Memahami tanda- tanda
jejak peta dalam kepramukaan |
11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan
peta dalam kepramukaan |
Membaca peta
medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju. |
Panorama |
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta
dalam kepramukaan |
* Mampu membuat dan
memindahkan medan ke dalam secarik kertas menjadi sebuah peta |
Peta-Pita |
|
12. Memahami definisi dan praktek
P3K |
12.1 Mengetahui arti P3K |
* Mengetahui obat yang
akan diberikan kepada rekan yang luka ringan. |
P3K |
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K |
* Mengetahui cara
penggunaan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan. |
||
12.3 Memperagakan P3K dan PPGD |
* Praktik PPGD/P3K |
||
13. Memahami definisi jelajah alam
dan outbond |
13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah
alam dan outbond |
* Menjelaskan arti
jelajah alam & out bound |
Jelajah alam
dan outbound |
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out
bound |
* Menyebutkan macam-
macam jenis out bound |
||
13.3 Jelajah alam dan out bound
sederhana |
* Penjelajahan dan out
bound |
||
14. Memahami macam-macam lagu
wajib dan lagu daerah. |
14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib
dan lagu daerah |
* Menyebutkan macam-
macam lagu wajib dan daerah |
Lagu -
lagu wajib dan daerah |
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah
dengan lafal dan intonasi yang benar |
* Menyanyikan lagu
Indonesia Raya |
||
* Menyanyikan 3 lagu daerah |
|||
15. Mengetahui
makna bakti karya penegak |
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penegak |
* Menjelaskan
arti dan tujuan Bakti Karya Penegak |
Bakti Karya |
15.2
Bakti karya Penegak untuk desa |
* Bakti karya penegak untuk masyarakat
pegunungan |
BAB III
PENUTUP
Demikian
program kerja Gugus Depan 07.091 - 07.
092 Pangkalan SMKN 1 PUNGGINGtersusun,
dengan harapan dapat menjadi acuan bagi gerak dan kerja pramuka di gugus depan.
Disamping itu program kerja ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi sekolah
dalam menentukan kebijakan yang
berhubungan dengan kegiatan kepramukaan pada SMKN 1 PUNGGING.
Perlu
disadari bahwa dalam penyusunan program kerja ini masih jauh dari kesempurnaan.
Oleh sebab itu saran dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan dan
penyempurnaan program kerja ini. Akhirnya semoga program kerja ini dapat
bermanfaat bagi semua.
Mojokerto, 10 Juni 2020
Pembina Gudep PA Pembina
Satuan PI
Drs. Soeharto,S.P.d Ifa
Ratnasari,S.Sos.I,S.E
Tidak ada komentar:
Posting Komentar