Sempatkanlah Membaca Ini!!!!!!!
Sulitnya dalam penggalangan dana membuat
kita harus cermat dalam menganalisis keadaan donatur agar cara yang kita tempuh
tidak membosankan sehingga disini saya memiliki tips dalam mengumpulkan dana yang bisa menghasilkan
ratusan ribu US dollar untuk membantu kegiatan kemanusiaan. Tips ini juga
memberikan catatan perkiraan waktu yang dibutuhkan dalam melakukan suatu
kegiatan menggalang dana. Namun harus diingat, kunci sukses upaya ini terletak
pada publikasi (advertising) dan kerjasama dengan berbagai pihak serta
organisasi di sekitar kita. Di antaranya adalah:
1. Menulis surat
Perkiraan waktu: 5 jam
Tuangkan niat anda dalam sebuah surat,
lalu cetak di kertas kop surat organisasi anda dan kirimkan ke berbagai
organisasi non pemerintah atau perusahaan.
Semakin banyak yang menerima akan semakin
baik. Jangan lupa memberikan ”stempel-kembali” ke pengirim jika alamat tidak
diketahui. Target utama surat-surat anda sebaiknya organisasi atau kelompok
yang memang sudah mengenal atau pernah bekerjasama dengan lembaga anda. Jika
anda ingin menghemat biaya, kirimkan surat melalui organisasi pengelola
jaringan kerja, dan meminta mereka untuk mengirimkannya kepada anggota
jaringan.
2. Kotak amal
Perkiraan waktu: 8 jam
Sediakan sebanyak-banyaknya kaleng bekas
wadah susu, biskuit, atau lainnya. Bisa juga kardus minuman air mineral, atau
mie instan. Bersihkan, lalu lapisi kaleng atau kotak dengan label atau tulisan
yang juga mencantumkan nama lembaga anda. Gunakan kreativitas anda agar kaleng
itu bisa tampil menarik.
Langkah berikutnya adalah menyebarkan
kotak amal ini, bisa dengan cara:
Meletakkan di perusahaan yang telah anda
minta kesediaan mereka untuk membantu usaha anda.
Meletakkan di tempat umum yang sering
didatangi orang, seperti restoran, bioskop, terminal, atau pasar. Untuk
memperkuat, mintalah kepada pemimpin perusahaan atau tokoh public untuk tampil
bersama anda. Lebih baik lagi jika ia dan anda bisa berkeliling di antara orang
banyak yang menjadi target pengumpulan dana. Cara ini pun bisa anda lakukan di
supermarket, mall, terminal, atau pasar.
3. Bekerjasama dengan Swasta
Perkiraan waktu: 15 jam
Banyak sekali perusahaan yang peduli pada
kegiatan kemanusiaan, sosial, lingkungan, serta
pendidikan, dan bukan hanya sekedar
mencari keuntungan. Karenanya, anda tak usah ragu mendekati mereka. Beberapa
tips kreatif dibawah ini dapat anda lakukan:
a. Menggalang Dana di Kafe atau Bar
Kirimkan surat kepada manajer kafe atau
bar yang popular di wilayah anda. Selain menjelaskan maksud dan mekanisme
penggalangan dana, jangan lupa meminta kesediaan sang manajer untuk menemui
anda. Intinya, anda meminta mereka bersedia menyumbangkan sebagian kecil hasil
penjualan makanan atau minuman bagi kegiatan anda, bisa sebesar 100 – 1,000
rupiah untuk setiap makanan atau minuman yang terjual.
Cara lain dengan meminta kafe atau bar
untuk mengutip harga masuk kepada para pengunjung, walaupun biasanya mereka
tidak pernah meminta biaya masuk. Usahakan harga sekedarnya saja, sehingga
pengunjung rela mengeluarkan uang, sekitar 5,000 – 10,000 rupiah. Sebagai
imbalan, anda bisa menyediakan minuman atau makanan ringan bagi mereka.
Anda juga bisa mengadakan malam dana.
Publikasi harus anda lakukan minimal satu bulan sebelum acara dan usahakan
menggunakan berbagai media: leaflet, brosur, koran, bulletin, radio, bahkan
televisi.
b. Menggalang Dana di Rumah Makan
Ide dan pendekatannya hampir sama dengan
kafe.
Jika anda mempunyai hubungan yang cukup
baik dengan pemilik atau pengelola rumah makan, cobalah meminta agar relawan
anda menjadi penyaji, sekaligus mereka akan menyebarkan informasi kegiatan
kemanusiaan organisasi anda kepada tamu rumah makan itu. Cara lain lagi,
membuat pengumuman di setiap meja berdampingan dengan menu tentang kegiatan
kemanusiaan anda, dan menghimbau tamu agar mereka rela mendonasikan uang
kembalian. Sekali lagi, kunci utama keberhasilan penggalangan dana di rumah makan
adalah publikasi, publikasi, dan publikasi.
c. Mengetuk hati pengusaha lokal
Kegiatan yang ditawarkan sangatlah mudah
untuk dilakukan. Namun anda perlu memastikan bahwa anda memang betul-betul
membutuhkan sumbangan yang berasal dari pengusaha lokal. Hubungi mereka melalui
surat atau telepon untuk mau meluangkan waktu bertemu anda. Saat bertemu,
jelaskan tentang kegiatan kemanusiaan anda dan himbau mereka untuk menyumbang.
Hubungilah sebanyak mungkin pengusaha
lokal, seperti bengkel kendaraan, rumah makan, hotel, wisma, toko kelontong,
salon, dan lainnya. Jangan khawatir untuk menghubungi perusahaan lokal yang
besar, seperti hotel, tempat kebugaran, rumah makan, atau perusahaan travel.
Ingatlah selalu, sebagian besar manusia mempunyai naluri menyumbang dan mereka
haruslah didekati secara proaktif.
d. SMS Kemanusiaan
Hubungi operator telepon selular di
wilayah anda, dan tawarkan kerjasama SMSkemanusiaan dengan sistem pembagian
keuntungan yang adil. Upayakan agar mereka mau memberikan porsi lebih besar
kepada lembaga anda.
4. Kegiatan Kelompok
Perkiraan waktu: 5 jam
Kegiatan menggalang dana juga bisa
dilakukan secara berkelompok. Anda bisa mencoba beberapa kegiatan menarik
berikut:
Membersihkan mobil atau motor dan meminta
pemilik untuk menyumbang secara sukarela;
Menjual makanan atau minuman yang dibuat
oleh kelompok anda. Usahakan agar bahan baku juga berasal dari donasi pihak
lain;
Mengumpulkan dan menjual hasil karya
anggota kelompok, bisa foto, lukisan, gambar, batik, rajutan, sulaman, atau
lainnya;
Menawarkan keahlian anggota kelompok,
seperti fasilitator, penyanyi, pemusik, guru, atau lainnya kepada organisasi
yang membutuhkan, dengan imbalan yang memadai. Seluruh hasil disumbangkan
kepada organisasi.
5. Kegiatan massa
Perkiraan waktu: tergantung pilihan
kegiatan
Jika organisasi anda memutuskan akan
menggalang dana besar, maka anda dan seluruh anggota kelompok harus mempunyai
komitmen yang kuat juga. Anda bisa mempertimbangkan kegiatan di bawah ini :
a. Membuat merchandise lainnya
Rancang dan cetaklah pin, kaos, gelas,
atau topi dengan pesan yang kuat, sehingga orang mau
Buatlah dalam jumlah besar sekaligus,
sehingga lebih murah dibandingkan anda membuatnya dalam jumlah terbatas.Jual
barang-barang itu kepada orang-orang terdekat maupun publik.
b. Lomba Lari atau Gerak Jalan 5 Km
Cara termudah adalah menggunakan momentum
penting di tempat anda, misalkan hari lahir kota,
Publikasikan ke seluruh kota lewat
berbagai media: selebaran, media cetak dan elektronik. Usahakan bekerjasama
dengan media lokal sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Publikasi
minimal satu bulan sebelum acara;
Buatlah proposal kepada perusahaan besar
dan lokal untuk untuk menjadi sponsor. Carilah sebanyak mungkin.
Buatlah kaos sebanyaknya dan bagikan
secara cuma-cuma kepada peserta lomba. Anda dapat menjual media kampanye di
kaos kepada pengusaha lokal sehingga mereka bisa menampilkan logo di kaos.
Bekerjasamalah dengan organisasi olahraga
setempat sehingga memudahkan penyelenggaraan dan juga menghemat biaya.
Anda juga bisa menyelenggarakan lomba
olahraga lainnya, golf, sepakbola, basket, bola voli, bulutangkis, atau renang.
c. Malam Dana Kemanusiaan
Mintalah pengelola atau pemilik hotel
atau aula yang akan anda gunakan agar mau menyumbangkan satu hari secara gratis
untuk malam dana anda;
Hubungi pemusik, penyanyi, serta
selebritis yang rela menyumbangkan tenaga untuk mengisi acara malam dana.
Usahakan memperoleh kepastiann mereka minimal satu bulan sebelum acara;
Buatlah undangan seunik mungkin dan jual
dengan harga terjangkau. Rancang undangan dalam beberapa kategori dengan harga
yang berbeda yang bisa anda sesuaikan dengan prioritas tempat duduk dalam
ruangan acara;
Hubungi pihak sponsor untuk membantu pembiayaan
dan juallah ruang iklan kepada mereka. Anda bisa menampilkan logo perusahaan
melalui banner yang dipasang di luar dan di dalam ruangan, buku panduan acara
yang dibagikan kepada seluruh penonton, atau media lainnya;
Pilihlah pemandu acara yang bisa membuat
acara menjadi meriah dan sukses. Usahakan agar pemandu acara bekerja secara
sukarela.
Hubungi petugas keamanan untuk membantu
mengamankan acara.
Langkah ini bisa anda gunakan untuk acara
lainnya seperti lelang lukisan atau baju orang ternama atau selebritis, atau
kegiatan lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar