Ikuti Langkah Promosi Ini!!!!!!!
Di dalam Organisasi Nirlaba perlu ada yang namanya promosi dan dalam hal ini ada 18 strategi promosi cerdas,
bahkan nyaris tanpa biaya sedikitpun yakni di antaranya adalah:
1. Menyusun daftar rencana
promosi
Pertama, susunlah rencana promosi
untuk menarik konsumen, mulai dari
tujuan promosi, target pasar, nilai
lebih produk yang akan ditawarkan, besaran anggaran dana yang digunakan, serta
buatlah daftar kegiatan promosi untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen.
2. Tentukan konsep promosi
sebelum memulai usaha
Sebelum memulai usaha, cari tahu
mengenai besarnya minat konsumen untuk menggunakan atau membeli produk Anda.
Selanjutnya tentukan konsep promosi yang diinginkan, bila perlu tambahkan logo
atau slogan khusus pada produk agar konsumen ingat dengan produk maupun bisnis
Anda.
3. Pilih sasaran pasar yang tepat
Jika anggaran terbatas, sebaiknya
fokuskan target pasar produk Anda kepada suatu komunitas atau kelompok tertentu
yang memiliki kebutuhan sesuai dengan produk Anda. Bila produk Anda sudah
tersebar dan dikenal masyarakat, Anda dapat memperluas sasaran pasar.
4. Fokus kepada pelanggan
Bantu konsumen untuk
menyelesaikan masalah mereka, jadi yakinkan pelanggan dengan memberikan
informasi bagaimana produk Anda bermanfaat untuk mereka.
5. Penuhi permintaan pelanggan
Konsumen merupakan orang yang
paling tahu kebutuhan apa yang mereka inginkan, oleh karena itu dengarkan
permintaan mereka dan penuhi dengan menciptakan produk yang diinginkan
konsumen. Agar produk yang Anda ciptakan sesuai dengan permintaan konsumen saat
ini.
6. Berikan informasi gratis
Berikan informasi gratis yang
berhubungan dengan produk Anda, misalnya dengan memberikan brosur, surat, atau
menyajikan website yang memberikan informasi gratis dengan berita up to date,
bila perlu kirimkan sms untuk menginformasikan promosi terbaru dari produk
Anda.
7. Gunakanan online marketing
Promosi bisa dilakukan dengan
mengirimkan email kepada para pelanggan sebagai bentuk berkomunikasi. Bisa juga dengan membuat grup
melalui facebook atau twitter, sehingga konsumen mengetahui informasi produk
Anda melalui internet, yang dapat menjangkau konsumen lokal maupun
internasional.
8. Manfaatkan relasi media
Usahakan agar bisnis Anda dimuat
dimedia massa atau elektronik, sehingga informasi bisnis tersebut dapat
tersebar luas dengan gratis. Terutama bagi usaha kecil menengah, banyak media
yang ingin meliputnya. Perluas jaringan Anda dengan mencari relasi media yang
bisa diajak kerjasama untuk mempromosikan bisnis Anda.
9. Masuklah ke dalam komunitas
Media komunitas menjadi pilihan
tepat bagi usaha kecil dan menengah yang memiliki dana terbatas, untuk
mempromosikan produknya. Jika Anda menjual pada komunitas yang sering Anda
ikuti, maka tidak diperlukan lagi biaya iklan.
10. Memasang papan iklan
Papan iklan di lokasi strategis,
merupakan alat promosi yang bagus. Karena mudah dilihat dan dibaca orang yang
melewati lokasi tersebut.
11. Lakukan hal kecil yang berdampak
besar
Hal kecil seperti memberi
senyuman, salam, kamar mandi yang bersih, mengangkat telepon pada dering
ketiga, kartu nama yang menarik, serta kebersihan lokasi usaha Anda ternyata
mempengaruhi image konsumen terhadap bisnis dan produk yang Anda tawarkan.
12. Berikan hadiah untuk konsumen
Tidak perlu hadiah mahal, hadiah
seperti pengiriman gratis, atau softdrink gratis, ternyata menjadi daya tarik
tersendiri bagi para konsumen yang menggunakan produk Anda. Sehingga mereka
tidak segan untuk kembali menggunakan produk Anda.
13. Gunakan strategi word of
mouth
Promosi paling efektif adalah
pemasaran melalui mulut ke mulut. Dengan memberikan informasi yang mengena pada
konsumen, mereka akan meneruskan informasi tersebut kepada orang lain. Sehingga
informasi produk Anda tersebar di kalangan masyarakat.
14. Hindari meniru produk ternama
Hindari pengunaan strategi
promosi yang sudah sering digunakan untuk produk lainnya. Usahakan cari
strategi yang belum pernah digunakan dan memicu rasa penasaran konsumen untuk
membeli produk tersebut.
15. Jangan menganggap pesaing
sebagai musuh
Selain memberikan dampak negatif,
bersaing dengan competitor hanya akan menghabiskan banyak biaya dan hanya akan
menjadi persaingan harga . Sehingga konsumen akan berpindah ke produk lain yang
harganya stabil.
16. Promosi silang
(Cross-promote)
Masukan promosi produk terbaru
Anda yang siap dilaunching, pada setiap kegiatan promosi yang Anda lakukan.
Sehingga dalam satu kali kegiatan promosi, bisa menginformasikan produk yang
Anda miliki semaksimal mungkin.
17. Iklan alternatif akhir
Iklan bukan strategi pokok dalam
pemasaran, karena biasanya memakan banyak biaya. Bila dana terbatas, usahakan
untuk memilih tempat iklan yang tepat pada sasaran Anda. Agar biaya yang
dikeluarkan tidak terbuang sia-sia.
18. Menunggu hasil
Yang terakhir sabar menunggu
hasil, karena penjualan merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Jadi tidak bisa
langsung memberikan hasil saat promosi berlangsung, hasilnya baru terlihat
setelah promosi selesai. Beri waktu bagi konsumen untuk menilai produk Anda,
dan biarkan waktu yang bekerja untuk menjualkan produk Anda.18 strategi promosi
cerdas, bahkan nyaris tanpa biaya sedikitpun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar